Rabu, 10 Juni 2015

OBAT HERBAL SINUSITIS HEMBING

Obat herbal sinusitis
Obat herbal sinusitis sudah banyak beredar di apotek-apotek atau  di toko herbal  yang husus menjual produk-produk herbal,  jenisnyapun sudah pasti banyak sekali. Umumnya obat herbal yang dibuat dari bahan-bahan herbal ini dijual sudah dalam bentuk kemasan.  Para praktisi pengobatan terus melakukan penelitian untuk mengembangkan produk-produk mereka, bahkan persaingan antar produkpun terus meningkat seiring saling menambahnya permintaan. Diantara sekian banyak praktisi pengobatan yang tidak hentinya mengadakan riset tentang akupuntur dan pengobatan tradisional pada tahun 90-han  adalah Prof. Dr. Hembing Wijayakusumah, beliau adalah pakar akupuntur dan pengobatan tradisional yang namanya telah menjulang, nama beliau mulai dikenal setelah beliau muncul di layar kaca pada  saat beliau membawa acara bertema ”Hidup Sehat Cara Hembing”. Beliau adalah keturunan Tionghoa lahir Di Medan tahun 1940. Diantara sekian banyak hasil penelitian beliau tentang ramuan herbal yang sudah diakui banyak kalangan adalah obat herbal untuk penyakit sinusitis.

Obat herbal sinusitis yang beliau tawarkan tidak sulit didapatkan karena bahan-bahannya didapat dari tumbuhan, cara meraciknyapun bisa dengan alat-alat dan dengan cara tradisional. Jika anda merasa penasaran dengan apa yang beliau tawarkan, kita simak uraiannya:

1.      Bahan utamanya adalah lidah buaya / Aloe vera
Tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman TOGA ( Tanaman Obat Keluarga ), tanaman ini dikenal banyak hasiatnya karena mengandung zat zat yang baik untuk tubuh. Diantara zat-zat yang terkandung di dalam tanaman lidah buaya adalah:
-          Vitamin A, B1, B2,B3,B12
-          Vitamin C dan E
-          Choline
-          Inositol dan asam folat
-          Mineral : kalsium, magnesium, potassium, dll.

Cara mengolahnya menurut Prof.Hembing adalah:
-          Daun lidah buaya segar dicuci sampai bersih
-          Kulit daun lidah buaya dikupas sampai bersih
-          Masukan kedalam air secukupnya
-          Angkat air rebusan dinginkan lalu diminum airnya

Cara pengolahan yang kedua adalah :
-          Kulit daun lidah buaya yang telah dikupas bersih tadi dijus, dan jusan lidah buaya tadi diteteskan kehidung 2 kali sehari.

2.      Bahan utamanya adalah sereh/serei / cymbopogon Citratus
Tanaman ini diduga berasal dari Negara india, tanaman ini memiliki citarasa yang has, termasuk tanaman jenis rerumputan. Sereh selain bisa dipakai untuk bahan bumbu masakan, ternyata banyak hasiatnya juga, karena di dalam tanaman ini terkandung zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh.
Cara pengolahan tanaman sereh menurut Prof. Hembing adalah:
-          Cucilah pangkal tanaman serei sampai bersih
-          Tumbuklah pangkal tanaman serai sampai memar
-          Rebuslah dengan air secukupnya sampai mendidih
-          Sesudah diangkat diamkan hingga hangat
-          Minumlah air hangat serai tadi

3.      Bahan utamanya adalah bawang putih / Allium Sativum
Bawang putih mempunyai bau yang sangat menyengat dan tajam. Disebut bawang putih, karena tiap suing dari bawang ini berwarna putih. Tanaman ini termasuk tanaman obat, bumbu juga rempah, yang tumbuh bagus di daerah pegunungan yang banyak tersinari cahaya matahari. Nilai kandungan gizi dari tanaman ini kalau disebutkan terlalu panjang oleh karena itu tak disangkal lagi hasiatnya juga luar biasa.
Cara pengolahan bawang putih menurut Prof Hembing :
-          Bersihkan bawang putih dari kulit luarnya
-          Bawang putih tersebul lalu ditumbuk
-          Masukan tumbukan bawang putih ke dalam air lalu didihkan
-          Setelah mendidih hiruplah uapnya
-          Setelah hangat saringlah dan minumlah airnya.

4.      Bahan utamanya adalah sambung nyawa / Gynura procumbens back
Dari namanya saja memang sudah luar biasa yakni sambung nyawa, ternyata disamping banyak hasiatnya karena nilai gizinya yang sangat banyak, tanaman ini juga bisa dikonsumsi secara paraktis, bisa dihidangkan sebagai lalab atau hidangan pelengkap. Tanaman ini asli asal Indonesia. Beberapa penelitian di Malaysia menyebutkan beberapa khasiat dari tanaman ini, diantaranya: Mengobati batuk sinusitis, radang tenggorokan, kanker dan tumor, tekanan darah, polip dan amandel.

Adapaun cara pengolahan untuk pengobatan sinusitis menurut Prof. Hembing yaitu:
-          Bersihkan 7 lembar daun sambung nyawa
-          Sediakan air 150 ml
-          Daun sambung nyawa di jus
-          Minumlah airnya dan lakukan 3 kali sehari

Inilah paparan singkat mengenai obat herbal sinusitis menurut Prof. Hembing, meskipun masih banyak lagi cara yang masih bisa dimuat berdasarkan cara-cara yang telah beliau analisa, namun mudah-mudahan empat cara ini bermanfaat bagi para pembaca, dan pecinta ilmu pengobatan secara herbal, kalaupun ada pembaca yang kebetulan menderita sinusitis, mudah-mudahan tulisan ini bisa diambil manfaatnya dengan mencoba meramu obat herbal dengan bahan-bahan yang tersebut di atas.

1 komentar: